KIP-Kuliah, SNMPTN, dan SNMPN Sudah Dibuka! Begini Tahapan Pendaftarannya

 Saatnya move on ke topik pembahasan yang kedua, nih!

Nah, untuk topik pembahasan yang kedua ini, teman-teman semua harus membacanya dengan teliti, ya! Karena di pembahasan ini, banyak detail-detail yang harus diperhatikan dengan teliti dan cermat. 


Oke, tanpa berlama-lama langsung aja kita masuk ke pembahasannya di bawah ini.


KIP-Kuliah, SNMPTN, dan SNMPN Sudah Dibuka! Begini Tahapan Pendaftarannya


KIP merupakan salah satu program bagian dari PIP (Program Indonesia Pintar) yang memberikan bantuan berupa uang tunai hingga Rp4,8 juta per tahun dan biaya kuliah gratis.

Berikut sejumlah bantuan yang akan diterima peserta didik yang lolos dan mendapatkan KIP Kuliah:

Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis KomputerUTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos);

Pembebasan biaya kuliah/ pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi;

Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masingmasing wilayah Perguruan Tinggi.

Bantuan ini diberikan kepada peserta didik dari keluarga miskin agar bisa mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi. Berikut jadwal lengkap pendaftaran KIP Kuliah tahun 2021:

1. Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah dibuka 8 Februari 2021 - 31 Oktober 2021

2. SNMPTN dibuka 14 Februari 2021 - 23 Februari 2021.

3. SNMPN dibuka 12 Februari - 18 Maret 2021.

Adapun syarat untuk mendaftar KIP Kuliah tahun 2021 di kip-kuliah.kemdikbud.go.id adalah sebagai berikut:

Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;

Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;

Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.


Adapun penerima bantuan ini adalah peserta didik yang mengalami keterbatasan ekonomi, dibuktikan sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Calon mahasiswa yang tidak mempunyai KKS masih bisa mendapatkan KIP Kuliah asalkan memunhi persyaratan sebagai anggota dari keluarga yang tidak mampu.

Berikut tahapan pendaftaran KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id:

Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;

Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah;

Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;

Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);

Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Sumber : https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-701433091/kip-kuliah-snmptn-dan-snmpn-sudah-dibuka-begini-tahapan-pendaftarannya



Okey, itu tadi berita mengenai KIP kuliah, SNMPTN dan SNMPN yang sudah mulai di buka!!!

Sangat bermanfaat bukan? Semoga setelah membaca kalian bisa mulai menyusun strategi untuk masuk Perguruan tinggi! 


Tetap semangat belajar ya dan jangan lupa jaga kesehatan

See u n Thanks u guys


QUOTE HARI INI: 

 “Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu.” – Imam Malik


#semangatbelajar

#pantangmenyerah



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN OSISMPK 2020/2021

Tak kenal maka tak sayang

Inspirasi Berbisnis untuk Milenial yang Low Budget.